Sabtu, 29 Maret 2008

NEWS : LGV Inovasi Baru Energi Ramah Lingkungan (PERTAMINA)

MEDIA PERTAMINA

EDISI NO: 4/XLIII , 22 Januari 2007
Berita


Liquid Gas for Vehicle (LGV) merupakan bahan bakar gas yang diformulasikan untuk kendaraan bermotor, yang terdiri dari campuran propane (C3) dan butane (C4). Dimana spesifikasinya di sesuaikan untuk keperluan mesin kendaraan bermotor yang menggunakan Spark Iqnition Engine.

LGV sangat sesuai digunakan pada kendaraan kecil seperti Bajaj, Taksi, angkot, kendaraan operasional kantor maupun pribadi, karena kapasitas tangkinya mempunyai daya muat yang banyak untuk menempuh jarak yang sama dengan Bahan Bakar Minyak (BBM). Serta mempunyai tekanan yang rendah (low pressure) lebih kurang 15kg/cm2.
LGV sejak lama telah digunakan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor di berbagai negara, antara lain America, Mexico, Rusia, Belanda, Jerman, Irlandia, Swedia, Finlandia, Italis, India, Turky, Jepang, China, Philipina, Thailand, Korea, Australia, dan New Zeland. Sedangkan di Indonesia LGV lebih cepat dapat dikembangkan sebagai energi subtitusi BBM guna mendukung percepatan Program Langit Biru dan diversifikasi energi di samping CNG/BBG.
Mengapa LGV lebih unggul dari CNG (Compressed Natural Gas) dan BBG (Bahan Bakar Gas), karena LGV tersedia cukup banyak di dalam negeri, mempercepat program penggunaan gas di sektor transportasi, merupakan hasil Kilang Gas Pertamina, selain itu dapat menghemat subsidi BBM Premium yang digantikan oleh LGV, pertumbuhan SPBG LGV lebih mudah daripada SPBG CNG/BBG, memungkinkan diaplikasikan pada wilayah yang tidak atau belum terjangkau jaringan pipa gas, harga conversion kit LGV lebih murah daripada CNG atau BBG, dan tekanan kerja di mobil dan SPB LGV lebih rendah (maksimum 15 bar) dari pada CNB atau BBG (200 bar).

sumber : pertamina.com

Tidak ada komentar: