Jumat, 01 Februari 2008

Bagaimana merubah kendaraan agar dapat berbahan bakar LPG

Diagram Instalasi LPG Converter Kit

Diagram berikut menggambarkan bagaimana peralatan converter kit dipasang




Peralatan yang diperlukan agar mobil dapat berbahan bakar LPG


Pada dasarnya pemilihan peralatan converter kit untuk dipasang di mobil sangat bergantung pada jenis mobil. Yang pertama kita pilah dulu adalah jenis bahan bakar yang digunakan, bensin atau diesel, lalu

- Apakah masih sistem karburator
- atau injection (single atau multi)

setelah itu sesuaikan perlatan dengan kapasitas mesin mobil yang bersangkutan.

Perkembangan teknologi converter kit akan sejalan dengan perkembangan teknologi mesin. Namun paling tidak komponen utama yang diperlukan adalah sebagai berikut :


1. CONVERTER KIT/REDUCER


Alat ini sering disebut dengan converter kit. Atau semacam regulator yang menurunkan tekanan gas LPG dari tabung ke karburator atau system Injection. Biasanya tekanan gas di tabung adalah 150 psi – 180 psi menjadi bertekanan 30psi sampai 40 psi ketika masuk ke sistem bahan bakar mobil melalui MIXER

2. CYLINDER TANK

Tabung cylinder untuk menyimpan gas LPG di kendaraan. Fungsinya sebagai tanki bahan bakar. Ada berbagai macam ukuran yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Foto diatas mampu menyimpan sekitar 50 Liter Setara Premium (LSP)

3. LPG MULTIVALVES


Alat ini bertugas untuk mendorong gas ke bagian depan kendaraan, juga bertugas untuk menutup jalar gas apabila terjadi kecelakaan.Dan melepaskan tekanan yang berlebih apabila terjadi kenaikan tekanan yang berlebih di tabung cylinder.
4.SWITCH


Dipasang di dekat dash board mobil di ruang kemudi yang mudah dijangkau oleh pengemudi. Alat ini berfungsi sebagai switch bahan bakar untuk memilih LPG atau bensin yang akan dipilih sebagai bahan bakar. Selain itu juga sebagai monitor jumlah bahan bakar LPG yang tersisa di dalam tanki LPG yang ditandai oleh lampu LED berwarna.

5. LPG SOLENOID VALVE




Adalah sebuah alat yang bertugas untuk memutus pasokan LPG ketika mobil berjalan dengan Bensin.
6. PETROL SOLENOID VALVE





Adalah sebuah alat yang bertugas untuk memutus pasokan bensin ketika mobil berjalan dengan gas LPG.


7.FILLING POINT




Sesuai dengan namanya maka ketika akan mengisi kembali dengan bahan bakar LPG maka di filling point inilah gas LPG di masukkan.


8. EMULATOR




Ketika mobil berjalan dengan menggunakan bahan bakar LPG maka alat ini akan mem block injector (mobil injection) dan akan meng emulasi sinyalnya.


9. BRACKET, PIPA PENYALUR
Peralatan lainnya yaitu bracket-bracket yang berguna untuk mengikat semua peralatan ke body mobil serta pipa penyalur yang mampu menahan tekanan tinggi dari tabung LPG ke Reducer.

LPG Sebagai Bahan Bakar

Saat ini harga bahan bakar Premium masih di subsidi oleh pemerintah dengan kisaran harga Rp. 4500 / liter dan harga Pertamax adalah Rp. 7700/liter. Apabila di kemudian hari mobil pribadi dilarang memakai bensin bersubsidi maka tak ayal lagi kita akan merogoh kocek yang lebih mahal lagi.
Bukan hanya itu bahan bakar fosil mempunyai kelemahan-kelemahan yang merugikan umat manusia :


1. Polusi yang ditimbulkannya
2. Harga yang mahal dan semakin mahal mengingat sumber minyak yang semakin terbatas.
3. Performance terhadap mesin yang terbatas mengingat semakin tinggi octane semakin mahal harganya.



Untuk itu diperlukan jenis bahan bakar alternative yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan. Saat ini ramai dibicarakan berbagai macam jenis bahan bakar alternative. Ada yang berpendapat bio-fuel, sinar surya, listrik , CNG dan sebagainya. Dalam hal ini LPG juga bahan bakar alternatif yang bisa digunakan.




Keuntungan-keuntungan pemakaian LPG sebagai bahan bakar


LPG sudah di gunakan di berbagai negara-negara di Eropa dan belakangan Pakistan, India sudah mulai menggalakkan LPG sebagai bahan bakar alternatif. LPG untuk bahan bakar kendaraan berbeda sedikit dengan LPG untuk dapur. Pada dasarnya LPG seperti dijelaskan diatas adalah Gas Propana dan Butana. Di setiap negara kualitas campuran LPG berbeda beda. Di Indonesia LPG untuk dapur adalah campuran 70:30 Propana dan Butana.
Menurut informasi PT. Pertamina telah meluncurkan LPG untuk kendaraan dengan perbandingan 50:50 antara propana dan butana dengan merek dagang “VIGAS”. Sebagai turunan dari minyak bumi LPG (apabila hasil kilang minyak) seringkali mengandung olefin (semacam lendir coklat dan lengket) dan kadar olefinnya lebih dari 5%. Sedangkan LPG yang dihasilkan dari kilang gas memiliki kadar olefin yang sangat rendah. Standard LPG untuk kendaraan harus mengadung olefin lebih kecil dari 1%.


LPG di gunakan untuk bahan bakar kendaraan memiliki kelebihan kelebihan sbb :


1. Gas buang yang bersih
2. Octane sampai dengan 120
3. Suara mesin yang lebih halus
4. Harga yang lebih murah

Apakah LPG ?

Liquefied Petroleum Gas (LPG) adalah campuran antara propane dan butane . Campuran kedua gas ini di Tekan pada tekanan tertentu sehingga tersimpan dalam keadaan cair di dalam tabung. Indonesia mengenal LPG sebagai pengganti minyak tanah yang dikemas oleh PT. Pertamina (Persero) dalam tabung 12 Kg berwarna biru. Belakangan tabung LPG dalam kemasan 3 Kg juga diluncurkan sebagai bagian konversi minyak tanah ke LPG.


Ketika digunakan sebagai bahan bakar untuk kendaraan dikenal dengan autogas. Susunan kimia sederhana yang dimiliki LPG membuat pembakarannya sangat bersih.








Susunan Kimia Propane















(C3H8)












Susunan Kimia Butane








(C4H10)



LPG mempunyai susunan yang spesial dimana pada suhu tertentu di tekan akan menjadi cair dan akan berubah menjadi gas kembali ketika tekanan di kurangi. Dalam keadaan cair LPG sangat menguntungkan untuk di transportasikan bila dibandingkan dalam keadaan gas, kira-kira 250 kali lebih padat.



Dari mana asal LPG ?



LPG diperoleh dari proses ekstrak dan refinery atas minyak bumi, beberapa diantaranya didapat dari ladang gas.