Jumat, 01 Februari 2008

LPG Sebagai Bahan Bakar

Saat ini harga bahan bakar Premium masih di subsidi oleh pemerintah dengan kisaran harga Rp. 4500 / liter dan harga Pertamax adalah Rp. 7700/liter. Apabila di kemudian hari mobil pribadi dilarang memakai bensin bersubsidi maka tak ayal lagi kita akan merogoh kocek yang lebih mahal lagi.
Bukan hanya itu bahan bakar fosil mempunyai kelemahan-kelemahan yang merugikan umat manusia :


1. Polusi yang ditimbulkannya
2. Harga yang mahal dan semakin mahal mengingat sumber minyak yang semakin terbatas.
3. Performance terhadap mesin yang terbatas mengingat semakin tinggi octane semakin mahal harganya.



Untuk itu diperlukan jenis bahan bakar alternative yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan. Saat ini ramai dibicarakan berbagai macam jenis bahan bakar alternative. Ada yang berpendapat bio-fuel, sinar surya, listrik , CNG dan sebagainya. Dalam hal ini LPG juga bahan bakar alternatif yang bisa digunakan.




Keuntungan-keuntungan pemakaian LPG sebagai bahan bakar


LPG sudah di gunakan di berbagai negara-negara di Eropa dan belakangan Pakistan, India sudah mulai menggalakkan LPG sebagai bahan bakar alternatif. LPG untuk bahan bakar kendaraan berbeda sedikit dengan LPG untuk dapur. Pada dasarnya LPG seperti dijelaskan diatas adalah Gas Propana dan Butana. Di setiap negara kualitas campuran LPG berbeda beda. Di Indonesia LPG untuk dapur adalah campuran 70:30 Propana dan Butana.
Menurut informasi PT. Pertamina telah meluncurkan LPG untuk kendaraan dengan perbandingan 50:50 antara propana dan butana dengan merek dagang “VIGAS”. Sebagai turunan dari minyak bumi LPG (apabila hasil kilang minyak) seringkali mengandung olefin (semacam lendir coklat dan lengket) dan kadar olefinnya lebih dari 5%. Sedangkan LPG yang dihasilkan dari kilang gas memiliki kadar olefin yang sangat rendah. Standard LPG untuk kendaraan harus mengadung olefin lebih kecil dari 1%.


LPG di gunakan untuk bahan bakar kendaraan memiliki kelebihan kelebihan sbb :


1. Gas buang yang bersih
2. Octane sampai dengan 120
3. Suara mesin yang lebih halus
4. Harga yang lebih murah

Tidak ada komentar: